Pencurian Account Facebook Merajalela

Sabtu, 19 Desember 2009

Seorang teman saya pernah bertanya kepada saya tentang siapa yang telah posting (komentar status) di facebook nya,  selain itu juga dia pernaha login beberapa kali masuk account facebook dia  namun passwrdnya salah padahal  sebuah password adalah milik pribadi. suatu saat dia coba login kembali dan ternyata masuk,  setelah dia memasuki acountnya sendiri ternyata banyak yg berubah bahwa account dia ternayata ada yg ngelola dan siapa gerangan dia juga tidak pernah sesering itu dan memberikan status komentar di facebooknya.
Selidik demi selidik suatu hari facebook dia online dan saya mulai komentar ke facebook dia seolah-olah ngecek apa dia kenal saya enggak. saya masuk ke ke obrolan nya dan mulai bertanya-tanya. biasanya teman saya itu panggil saya dengan sebutan nama panggilan saya yg sudah gk asing dengan nama MankPoed’s namun ketika itu yg lg memakai account facebook teman sy itu panggil sya dengan kata Anda.
Terbuktinya selagi saya beraada di obrolan sesama pengguna account teman saya itu tiba tiba yang punya accountnya itu sendiri datang nah disitu sya kaget siapa gerangan yg menggunakan account face teman sy itu dan saya bertanya-tanya kepada teman saya itu dan diapun menjawab dan dengan kagetnya dia karena facebooknya lagi online.

Facebook memang lagi booming saat ini, siapa sih yang hari gini  ga kenal facebook?  Menurut banyak orang  klo belum punya account FB bisa dibilang ketinggalan zaman atau biasa di bilang gaptek. Facebook merupakan situs jejaring sosial yang cukup diminati pada saat ini, di mana kita bisa berteman dengan berbagai belahan di dunia manapun. Pesatnya para pengguna layanan Facebook  malah dimanfaatkan penjahat cyber untuk melancarkan aksinya. Kita harus waspada pada situs yang tampilannya sama persis dengan halaman login Facebook.
Kita harus berhati-hati jika menemukan hal-hal yang aneh dalam facebook kita. Karena untuk melancarkan aksinya, penjahat cyber coba mengundang beberapa pengguna Facebook untuk bergabung dengan Group yang mereka namakan adalah Group Muda Mudi. Jika mengikuti perintah yang diberikan, pengguna akan dihadapi pada sebuah halaman yang sangat mirip halaman login Facebook.
Dalam penggunaan facebook kita jangan sampai tertipu. Berdasarkan pencarian yang saya lakukan,  halaman itu sebenarnya halaman palsu karena alamatnya berada di group-mudamudi.110mb.com bukan di Facebook.com. Padahal tampilannya sama persis dengan halaman login Facebook.
Sepertinya penjahat cyber ini menggunakan modus phising untuk melakukan kejahatannya. Halaman login palsu itu digunakan untuk  mencuri alamat email beserta password pengguna Facebook, yang pastinya account kita akan dicuri oleh penjahat cyber tersebut.
Jadi berhati-hatilah dalam penggunaan facebook, pencurian identitas atau account memang tujuan dari penjahat cyber tersebut.
Tips sederhana jangan memperlihatkan email Anda di account profile facebook Anda !

0 Comment:

Posting Komentar

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda...

 
 
 
 
Copyright © Theatre Dot Net