Pentingnya Interlinking Untuk Blog

Sabtu, 26 Desember 2009

Pentingnya Interlinking Untuk Blog

Interlinking adalah saat dimana Anda menghubungkan satu halaman dengan halaman lainnya yang ada di situs Anda.

Anda harus mengatur semua struktur link internal pada situs Anda. Hubungkan satu halaman dengan halaman lainnya, lalu dengan halaman lainnya lagi dan begitu seterusnya. Hal ini penting agar Search Engine bisa menemukan dan mengindeks setiap halaman situs Anda dengan baik.


Contohnya bisa Anda lihat di bawah kotak komentar Blog ini. Disana ada tulisan “Baca juga Artikel Lainnya”, dimana dibawah tulisan tersebut saya cantumkan link-link judul postingan lainnya. Trims buat O-om atas tutorialnya.
Bagaimana Interlinking bisa mempengaruhi kinerja Search Engine?


Search Engine seperti Google menggunakan perangkat lunak yang disebut “Spider” atau “Crawler” yang mengikuti semua link “Do Follow” di setiap halaman web kemudian mengindek semua isinya


Jika situs Anda terhubung dengan baik secara internal (Interlinking), akan lebih mudah bagi Spider untuk mengindeks semua halaman situs Anda. Karena kita sudah menyediakan “Pintunya” (Baca= link) untuk mereka.


SITEMAP


Sitemap adalah cara mudah untuk memberi tahu Search Engine letak semua halaman situs Anda. Kebanyakan Search Engine sudah bisa mengindeks semua halaman situs dengan baik , namun terkadang mereka mengalami kesulitan, terutama jika situs Anda masih baru. Selangkapnya mengenai Sitemap bisa Anda Baca dipostingan Cara mudah daftar dan submit sitemap.


GOOGLE MELIHAT HALAMAN, BUKAN SITUS


Google Pagerank dibuat berdasarkan berapa banyak halaman memberi link ke suatu halaman lainnya. Itu adalah Halaman, bukan Situs. Yang berarti ketika Anda saling menghubungkan setiap artikel di situs Anda, akan membuat setiap halaman tersebut lebih mudah di Crawling dan mendapatkan hasil pencarian yang lebih baik di Search Engine.


Dan jika halaman-halaman blog/situs Anda memperoleh posisi yang bagus di Search Engine, otomatis blog/situs itu akan memperoleh Ranking dan Posisi yang bagus pula.


GUNAKAN KATA KUNCI DAN FRASE YANG BENAR


Yang paling penting ketika Anda saling munghubungkan halaman artikel blog/situs adalah memilih kata kunci yang tepat. Misalnya blog Anda adalah seputar bisnis online dan Anda sedang membahas tentang PPC. Setiap Anda memposting artikel baru yang berhubungan dengan PPC, hubungkanlah artikel tersebut dengan artikel tentang PPC yang diposting sebelumnya menggunakan variasi anchor text yang tepat. Misalnya apa itu PPC, Seputar PPC, dll.


Contoh lain Anda bisa lihat di postingan ini. Pada bagian SITEMAP, di kalimat


Selangkapnya mengenai Sitemap bisa Anda Baca dipostingan Cara mudah daftar dan submit sitemap.”


Yah..frase Cara mudah daftar dan submit sitemap adalah anchor text yang saya gunakan untuk menghubungkan artikel ini ke artikel sebelumnya. Di lain waktu jika saya mempunyai kesempatan untuk menghubungkan artikel tentang sitemap lagi, saya akan menghubungkannya dengan variasi anchor text yang lain, misalnya pengertian sitemap dan cara membuatnya, apa itu sitemap, cara buat sitemap, dll.


Itu jika Anda saling menghubungkan link artikel di dalam postingan, jika link artikelnya Anda taruh di bawah postingan seperti yang saya lakukan, usahakan judul-judul artikelnya saling berhubungan (Masih dalam 1 kategori), atau istilahnya Related Artikel. Untuk tutorial membuat Related Artikel/ Artikel Terkait di bawah postingan, bisa Anda lihat Disini.


Apa gunanya variasi anchor text tersebut?


Variasi anchor text yang saya sebutkan di atas berguna untuk memperkuat posisi di Search Engine untuk kata kunci-kata kunci yang berhubungan dengan sitemap. Karena tidak mungkin orang-orang yang mencari informasi tentang sitemap hanya mengetikkan kata kunci "sitemap" saja di Search Engine. Terkadang mereka pasti menggunakan kata kunci seperti: apa itu sitemap, cara buat sitemap, Sitemap google, membuat sitemap dengan mudah, dll.


Saya pun sempat berbuat kesalahan dengan kebiasaan membuat Anchor Text “Klik Disini”, atau “Disini” saja. Contohnya pada postingan saya tentang Tips memperoleh Lebih Banyak Komentar ,saya menuliskan:


Sebenarnya artikel ini merupakan kelanjutan dari artikel sebelumnya, klik DISINI jika Anda ingin melihatnya.


Yah…ini adalah suatu kesalahan dalam pengoptimalan halaman. Tetapi sekarang saya dan Anda tahu akan hal ini bukan??


MENINGKATKAN PAGE VIEW


Pageview adalah seberapa banyak halaman situs Anda dibuka oleh pengunjung. Untuk ukuran Blog, semakin besar Page View, semakin menarik blog tersebut. Jika Page View kecil, itu berarti blog Anda dirasa kurang menarik oleh pengunjung. Karena saat mereka datang pertama kali akan langsung pergi begitu saja dengan hanya sempat membuka 1 halaman.


Dengan interlinking, berarti Anda menempatkan hubungan antara artikel-artikel dalam cara logis, yaitu menciptakan jalur artikel yang bagus dan memberi kemudahan bagi pembaca untuk menavigasi blog Anda. Cara ini akan membuat mereka bertahan lebih lama di blog Anda.


Sekian….
Semoga bermanfaat….

Sumber :
BlogMamet

0 Comment:

Posting Komentar

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda...

 
 
 
 
Copyright © Theatre Dot Net